Berdirinya Puskesmas Tasikmadu sejak tahun 1979 guna memenuhi  kebutuhan masyarakat tentang pelayanan kesehatan di kecamatan Tasikmadu. Semula Puskesmas Tasikmadu bernama Balai Pengobatan Tasikmadu dan masih kontrak di rumah penduduk tepatnya di Rumah Bp Sugito Desa Suruh Bomoro, Pandeyan, Tasikmadu. Puskesmas memberikan pelayanan dengan 10 orang sebagai berikut : Tugimin sebagai mantri, Tikmin sebagai petugas LAB, Pupon sebagai JMD, Sunanto sebagai JMD, Suyati sebagai petugas PKE, Sri yamtini sebagai Bidan, Suparjo sebagai petugas obat, Sekar sebagai Kepala JMD, Suwanti sebagai petugas JURIM, Sutarmi sebagai SPKC. Pada saat Puskesmas belum ada dokter sehingga pelayanan dilakukan oleh mantri dan bidan.

Tahun 1980 Puskesmas Tasikmadu pindah di Nglano Wetan di Rumah Kas Desa, Barat Puskesmas sekarang. Pada tahun ini puskesmas menambah beberapa personil untuk meningkatkan pelayanan di Puskesmas Tasikmadu. Penambahan personil tersebut diantaranya Sukayati sebagai Bidan, Murdiyanto sebagai Perawat, Bambang Tri sebagai JURIM/TB. Kepala Puskesmas masih Bp Tugimin dan beliau menjabat sampai tahun 1982. Kemudian Kepala Puskesmas diganti dengan dr. Sri Wiharjo.

Tahun 1983 Balai Pengobatan Tasikmadu disebut Puskesmas Tasikmadu. pindah di Nglano Wetan Rt 12/ Rw 05 dengan Kepala Puskesmas dr. Sri Wiharjo.

Puskesmas Tasikmadu termasuk Puskesmas Rawat Jalan yang memberikan Pelayanan sebagai berikut : Poli Umum, Poli Gigi, Poli KIA-KB, Poli Fisioterpai, IMS & VCT, IVA Test, Imunisasi, Konsultasi Gizi,  Lboratorium, Farmasi.

Puskesmas Tasikmadu merupakan salah satu Puskesmas dari 21 Puskesmas di Kabupaten Karanganyar yang mempunyai tugas sebagai unit pelaksana teknis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar yang terletak di Desa Ngijo Rt 12/Rw 05 Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Luas wilayah kecamatan Tasikmadu 2.759,73 Ha. Terdiri dari 10 desa : Buran, Gaum, Ngijo, Gaum, Suruh, pandeyan, Karangmojo, Kaling, Wonolopo, Kalijirak.

Batas wilayah kecamatan tasikmadu

Batas Utara     : Kecamatan Mojogedang dan Kebakkramat

Batas Selatan  : Kecamatan Jaten dan Karangtanyar

Batas Timur     : Kecamatan Karanganyar

Batas Barat     : Kecamatan Jaten dan Kebakkramat

Leave a Comment