Puskesmas memegang peranan penting dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.  Seluruh Karyawan/Karyawati UPT Puskesmas Tasikmadu hari ini mendapat suntikan vaksin dosis pertama.

Ada empat meja yang mewakili empat proses yang harus dilewati selama proses vaksinasi. Meja tersebut ditempati oleh tenaga kesehatan dengan alat pelindung diri (APD).

Meja pertama untuk proses pendaftaran, meja kedua untuk proses pengecekan kondisi kesehatan orang yang akan divaksinasi, meja ketiga proses penyuntikan vaksin, dan meja terakhir adalah untuk konsultasi keluhan pasca-vaksinasi. Orang yang sudah disuntik vaksin harus menunggu selama 30 menit untuk selanjutnya menyampaikan keluhannya jika ada.

“Saya baru saja divaksin, jangan takut tidak sakit, mari kita sukseskan vaksinasi Covid-19 agar kesehatan masyarakat Indonesia pulih sehingga ekonomi akan bangkit.” tutur dr.Supardi

Pemberian Vaksin tidak serta merta menjamin seseorang tidak terkena COVID- 19 tetapi menjamin seseoranmg memiliki kekebalan untuk melawan penyakit sehingga jika terkena COVID-19 tidak menimbulkan kesakitan yang lebih parah.

Supaya Vaksin efektif, harus tetap melaksanakan 5M plus : memakai MASKER dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir/Handsanitizer, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas.

Leave a Comment