PUSKESMAS TASIKMADU MELAKUKAN PENDATAAN KELUARGA SEHAT DESA PANDEYAN

Di tengah pandemic COVID-19 ini Puskesmas Tasikmadu tetap melaksanakan kegiatan pendataan keluarga sehat di Desa Pandeyan dengan tetap mengacu kepada protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Puskesmas Tasikmadu melaksanakan Program PIS PK ini mulai tahun 2018 ini, dimulai dengan dilakukannya sosialisasi kepada masyarakat dan dibentuknya Tim Pelaksana di Puskesmas . Program ini dimulai dari pendataan Profil Kesehatan Keluarga dimana pelaksanaannya dengan mengunjungi semua masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Taikmadu. Pendataan melibatkan peran serta masyarakat melalui Kepala Desa setempat beserta Kepala Dusun yang ada untuk koordinasi pelaksanaan di bawah sehingga pelaksanaan pendataan Prokesga ini berjalan dengan baik dan lancar.

Petugas Puskesmas akan melakukan pendataan dari rumah satu ke rumah yang lain. Dalam pendataan tersebut Petugas Puskesmas akan menanyakan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap kepala keluarga. dalam kegiatan ini pula setiap anggota keluarga yang berumur >15 tahun akan dilakukan pengukuran tekanan darah.

Selain melakukan pendataan dan pengukuran, petugas Puskesmas juga melakukan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada keluarga disesuaikan dengan permasalahan kesehatan prioritas yang ditemukan.

Leave a Comment