Kegiatan Senam Prolanis Puskesmas Tasikmadu

Cuaca pagi ini yang sangat cerah. Hari yang sangat tepat untuk memulai aktivitas dengan berolahraga. Hal itu yang menjadi pemicu peserta PROLANIS Puskesmas Tasikmadu untuk berbondong-bondong hadir sejak jam 06.30 untuk bersiap mengikuti senam Prolanis di halaman Puskesmas Tasikmadu. Kegiatan Senam Prolanis adalah kegiatan rutin di Puskesmas Tasikmadu pada hari Jumat.

Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Senam yang rutin dilaksanakan ini guna untuk meningkatkan derajat kesehatan dan menekan penyakit tidak menular dalam. Manfaat dari senam prolanis ini kata dia, untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit kronis seperti hypertensi, diabetes mellitus serta jantung.

Usai melakukan senam, peserta pun mendapat pemeriksaan kesehatan dan mendengarkan paparan ahli dalam menjaga kesehatan misalnya, penyuluhan tentang diabetes awam dan cara mengatasinya dengan pemanfaatan obat herbal. Penyuluhan itu disampaikan oleh dokter umum. Dengan dilakukannya senam setiap hari Jumat yang dilanjutkan dengan penyuluhan-penyuluhan diharapkan masyarakat yang berpotensi dengan penyakit tidak menular dapat ditekan dengan perpaduan senam, pemeriksaan labiratorium dan penyuluhan.

Leave a Comment